2018-09-02

Cloud Hosting Indonesia Terbaik Tahun 2018

RuangAPK | Daftar Cloud Hosting Indonesia Terbaik. Jika Anda bingung mencari Cloud Hosting Indonesia Terbaik saat ini, maka lanjutkan membaca artikel ini hingga akhir. Cloud hosting dibawah ini sudah kami urutkan berdasarkan nilai pada masing-masing kriterianya sehingga memudahkan Anda untuk memahami cloud hosting manakah yang memiliki kualitas terbaik, handal, dan layak untuk digunakan.

Namun sebelum kita lanjut, ada baiknya untuk menyimak sedikit ulasan tentang Cloud Hosting. Mengapa Cloud Hosting Menjadi Pilihan Yang Terbaik? Banyak yang bilang bahwasanya Cloud Hosting lebih baik jika dibandingkan dengan Shared Hosting, benarkah itu? Sebelum menjawab hal tersebut alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Cloud Hosting.

Pengertian Cloud Hosting
Cloud hosting secara umum merupakan sebuah layanan web hosting yang terhubung lebih dari satu server. Arti kata dari Cloud merupakan sebuah sistem atau jaringan server yang mampu melakukan koneksi dan sharing antar server dalam kurun waktu yang bersamaan (jikalau memang ada selisih waktu itupun tidak lama).

Tujuan Adanya Cloud Hosting
Sejauh yang kami ketahui bahwanya ada 2 tujuan (peran penting) sebuah cloud hosting, yaitu untuk menjaga kestabilan server agar tetap online (berhubungan dengan UpTime), meningkatkan performa sebuah situs berdasarkan lokasi akses terdekat dengan lokasi server (berhubungan dengan kecepatan akses).

Cara Kerja Cloud Hosting
Mengenai cara kerja sebuah cloud hosting dapat lebih mudah dipahami jikalau kita sudah tau akan pengertian, tujuan, dan peranan cloud hosting. Selebihnya Anda dapat melihat gambar dibawah ini untuk mengetahui secara pasti cara kerja sebuah cloud hosting.

Cloud Hosting Indonesia Terbaik

Bagaimana Cloud Hosting Dapat Menjaga Kestabilan Server?
Demi menjaga kondisi sebuah situs dapat tetap online sepanjang waktu, cloud hosting yang terhubung lebih dari 1 server dapat berperan sebagai backup (cadangan) server jika terdapat salah satu server dalam kondisi offline (DownTime).

Contohnya: Cloud hosting memiliki 2 server yang saling terhubung yaitu di Indonesia dan Singapura, ketika server Indonesia dalam kondisi offline maka secara otomatis langsung dihubungkan dengan server yang berada di Singapura. Hal tersebut tidak berlaku jika kedua server dalam kondisi offline secara bersamaan (kondisi sangat jarang ditemukan).

Bagaimana Cloud Hosting Dapat Meningkatkan Performa Sebuah Situs?
Skala (lokasi) server yang digunakan sebagai jaringan cloud menjadi kunci utama untuk meningkatkan performa sebuah situs, khususnya sangat bermanfaat sekali bagi para pengunjung (pengakses) situs Anda. Mudahnya, semakin dekat jarak akses maka semakin cepat pula seseorang tersebut dapat membuka situs Anda.

Contohnya: Cloud hosting terhubung dengan 2 server (lokasi berbeda) yaitu di Indonesia dan Singapura, ketika ada seseorang yang mengakses situs Anda lebih dekat dengan lokasi Singapura (misalnya saja pengakses berlokasi di Batam) maka pengakses tersebut langsung terhubung dengan server Singapura karena lokasi yang relatif lebih dekat dibandingkan dengan server Indonesia (misalkan saja lokasi server tersebut ada di Jakarta).

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Cloud Hosting
Sejauh yang kami pahami mengenai Cloud Hosting yang berada di Indonesia, belum ada satupun penyedia layanan web hosting yang benar-benar memiliki cloud hosting atau server secara mandiri. Hal tersebut diketahui bahwasanya fitur cloud hosting yang disediakan merupakan hasil kerjasama dengan CloudFlare.com.

CloudFlare merupakan sebuah perusahaan internasional yang memiliki produk berupa jasa untuk meningkatkan performa dan keamanan sebuah situs dengan menggunakan jaringan Cloud.

Jadi, ketika menjawab sebuah pertanyaan apakah Cloud Hosting lebih baik dari Shared Hosting? Memang benar bahwasanya cloud hosting pasti lebih baik jika dibandingkan dengan shared hosting (biasa).

Namun perlu dicatat kembali, bahwasanya Cloud Hosting yang ditawarkan itu berbentuk sebuah fitur tambahan. Pada dasarnya hosting yang ditawarkan masih sama yaitu berbentuk Shared Hosting namun dengan adanya fitur Cloud by CloudFlare maka Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk meningkatkan performa dan keamanan situs Anda.

Selain itu, dengan adanya fitur kerjasama secara resmi antara CloudFlare dengan penyedia layanan web hosting maka dapat dipastikan bahwasanya fitur tersebut lebih mudah digunakan dibandingkan dengan cara manual. Selain itu, juga memberikan koneksi yang terhubung secara langsung antara CloudFlare dengan Control Panel pada hosting Anda.

Berikut Daftar Cloud Hosting Indonesia Terbaik

#1. Niagahoster
Niagahoster merupakan salah satu penyedia layanan hosting dan domain yang paling banyak diminati oleh para pengguna atau pemilik situs online. Tidak hanya sekedar memberikan penawaran hosting dengan harga yang terbilang murah, namun juga dengan adanya kualitas dan keamanan server hosting yang bagus inilah menjadikan Niagahoster sebagai penyedia hosting terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Hasil Review:
- Performa Hosting 9.9 / 10
- Keamanan Hosting 9.9 / 10
- Fitur & Spesifikasi 9.9 / 10
- Harga Hosting 9.9 / 10
- Pelayanan Konsumen 9.9 / 10
- Popularitas 9.9 / 10

#2. Hostinger
Perlu diketahui bahwasanya Hostinger dan Niagahoster masih dalam satu lingkup perusahaan yang sama, meskipun demikian belum tentu keduanya memiliki kualitas yang sama. Satu hal yang pasti bahwasanya Hostinger juga memiliki fitur cloud hosting yang patut untuk dicoba, lantas bagaimana dengan kualitas cloud hosting dari Hostinger? Dibawah ini adalah hasil dari review (uji coba) yang telah kami lakukan terhadap cloud hosting milik Hostinger.

Hasil Review:
- Performa Hosting 9.7 / 10
- Keamanan Hosting 9.5 / 10
- Fitur & Spesifikasi 9.5 / 10
- Harga Hosting 9.9 / 10
- Pelayanan Konsumen 9.3 / 10
- Popularitas 9.7 / 10

#3. DewaWeb
DewaWeb merupakan salah satu penyedia layanan hosting yang memiliki fitur cloud server, tidak berhenti pada itu saja namun juga memberikan jaminan UpTime 100%. Memang benar bahwasanya harga yang terpasang pada masing-masing paket cloud hosting bisa terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya, meskipun begitu DewaWeb bisa dijadikan alternatif cloud hosting yang dapat Anda pilih dan gunakan.

Hasil Review:
- Performa Hosting 9.7 / 10
- Keamanan Hosting 9.5 / 10
- Fitur & Spesifikasi 9.4 / 10
- Harga Hosting 9.5 / 10
- Pelayanan Konsumen 9.3 / 10
- Popularitas 9.0 / 10

Kesimpulan
Dengan menggunakan cloud hosting (rekomendasi diatas) akan memberikan beberapa manfaat tambahan, yaitu menjaga kestabilan server dan meningkatkan performa situs Anda. Terlebih lagi ketika Cloud merupakan sebuah fitur hasil kerjasama dari dari CloudFlare maka dapat meningkatkan keamanan situs Anda.
Previous Post
Next Post

0 comments: